Lompat ke konten

Festival Kuliner Serpong

Festival Kuliner Serpong

Festival Kuliner Serpong (FKS) 2024 resmi dibuka hari ini dan seperti biasa menawarkan pengalaman kuliner yang memukau dengan menyajikan makanan khas Medan, Sumatera Utara. Acara yang diadakan oleh Summarecon Mall Serpong (SMS) akan berlangsung mulai tanggal 15 Agustus – 15 September 2024 di Area Parkir Timur SMS, Gading Serpong. Resmi dibuka pada Kamis, 15 Agustus 2024 silakan klik untuk langsung melihat jam buka tanpa melihat daftar tenan. Terlihat sejumlah artis mengenakan pakaian tradisonal mengawali pembukaan FKS 2024 dengan berkeliling area Summarecon Mall Serpong

Festival Kuliner Serpong kali ini adalah festival yang diadakan untuk kedua belas kalinya karena selalu sukses dan membludaknya pengujung. Kali ini mengusung jargon “Harmonisasi Budaya dalam Kuliner Medan” dan dengan tema acara “Enak Kali Bah!“. Festival kali ini menyuguhkan 50 hidangan kuliner lezat otentik khas dari Medan mulai dari yang halal hingga non halal sehingga mampu memanjakan lidah para pecinta kuliner nusantara yaitu antara lain

  • Warkop Agam Medan
  • Putu Bambu Medan
  • Bakmi Wei Wei Siantar
  • RM. BPK Ola Kisat
  • Lontong Medan Bang Lubis 88
  • Lemang Srikaya Batok
  • Tahu Balik Khas Binjai
  • Mie Sop Ayam Mesra Asli Siantar
  • dan pusat oleh-oleh yang menghadirkan Bolu Meranti.

“Festival Kuliner Serpong (FKS 2024) kali ini menghadirkan menghadirkan lebih dari 90 pelaku usaha makanan dan minuman. Festival ini menghadirkan 50 tenan makanan khas Medan termasuk 7 pedagang langsung dari Medan yang khusus didatangkan untuk acara ini” ujar Tommy Laurici, Director Operations Summarecon Mall saat konferensi pers.

Acara Pembukaan Festival Kuliner Serpong

Kuliner Medan ini bisa dibilang kawasan yang penuh dengan akulturasi dari beragam etnik budaya seperti India, Melayu, Tionghoa dan suku Batak yang pastinya menggugah selera. Makanya dengan membawa kuliner khas Medan ke Tangerang diharapkan memberikan insiprasi tentang keberagamaan semboyan Indonesia Bhinneka Tunggal Ika

Keseruan Acara Festival Kuliner Serpong

Suasana khas Sumatera Utara sangat kental begitu masuk gerbang utama FKS. Bukan hanya ornamennya saja yang memakai kain ulos ataupun miniature bangunan khas di Kota Medan bahkan para petugas keamanan yang berjaga juga menyelempangkan kain ulos di pundaknya dan selalu menyapa ramah setiap pengunjung.

Mendukung festival, pihaknya juga mengangkat seluruh kekhasan atau ikonik yang ada di Medan seperti Istana Maimun. Bahkan suasana banyaknya kuliner di dekat Istana Maimun saat bulan ramadhan pun juga dihadirkan dalam Festival Kuliner Serpong.

FKS bernuansa Medan ini semakin meriah dalam balutan dekorasi berupa replika Istana Maimun hingga hiburan dari berbagai wahana permainan seperti ferris wheel, paratrooper, carousel dan masih banyak kemeriahan lainnya yang sesuai untuk seluruh anggota keluarga.

“Banyak pilihannya, dan kami harap festival ini juga menjadi obat rindu bagi para masyarakat berdarah Medan, yang belum sempat pulang ke kampung halamannya,” ungkapnya.

Pengalaman tersebut juga dialami Melinda salah seorang pengunjung yang tinggal di The Avenue Apartemen yang menyempatkan diri datang untuk mencoba menikmati Mie Aceh Agam. Meski sering disalah kaprahkan dengan kata Aceh namun sebenarnya Mie Aceh Agam yang bercita rasa gurih dan pedas itu aslinya berasal dari Medan.

“Ini sebenarnya sudah ada di mana-mana, tapi Warkop Agam Medan ini selalu ramai di mana-mana. Jadi, aku penasaran dan nyobain seporsi Mie Acehnya, enak, pedas dan gurih, sesuai dengan selera kita yang memang lidah Sumatera,” tutur Melinda.

Dia juga sempat menyicipi menu lainnya, seperti Lontong Medan dan jeruk peras asli Medan. Dia mengakui semua rasa yang disajikan benar-benar membayar rindunya akan kampung halaman.

Panggung Hiburan Musik dan Kembang Api

Panggung Hiburan dan Musik Festival Kuliner Serpong

Selain sajian kuliner maka kali ini festival kuliner juga dimeriahkan dengan penampilan berbagai hiburan panggung musik yaitu

  • Spesial Artist Performance dari Andra & The Backbone (Kamis, 15 Agustus 2024 pukul 19.30 WIB)
  • Rony Parulian (Minggu, 25 Agustus 2024 pukul 19.30 WIB)
  • Idgitaf (Minggu, 1 September 2024 pukul 19.30 WIB)
  • Spectacular Fireworks (Setiap hari Minggu pukul 20.00 WIB).

“Acara ini diharapkan dapat memperkenalkan lebih banyak orang pada kekayaan kuliner Medan dan menjadi ajang yang menyenangkan bagi keluarga dan pecinta makanan,” kata Timmy. Panggung hiburan ini diadakan untuk menemani pengunjung, panggung FKS 2024 yang sedang menikmati makanan juga akan diisi dengan banyak kegiatan seru bernuansa tradisional seperti pertunjukan Seni Budaya (musik, tari dan keterampilan) dan Orkes Keliling. 

Jam Buka Festival Kuliner Serpong

Festival kuliner ini dapat dikunjungi setiap hari dengan jam operasional yaitu

  • hari Senin – Kamis buka mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB
  • Jumat buka mulai jam 16.00 – 23.00 WIB
  • Sabtu mulai buka pukul 11.00 – 23.00 WIB
  • Minggu/Hari Libur Nasional jam buka mulai 11.00 – 22.00 WIB.

Kualitas para tenan yang dapat hadir di festival kuliner tentunya sudah dikurasi terlebih dulu dengan ketat. Ibu Aleta mewakili tim curator FKS 2024 mengatakan, “Kurator berjumlah 11 orang yang bertugas memilih tenant dengan makanan khas asli Medan.”

“Ini benar-benar untuk saya yang suka kulineran, waktu mendarat di Toba itu udaranya sejuk. Di sana kopinya enak banget, sidakalang. Setelah itu makan Mie Gomak, mienya nyemek. Lalu kita makan Mie Sop, kaya mie bakso. Ada juga mie sop ayam, makanan enak dan makannya harus pedas.

“Menurutnya,tim kurator perlu mencari tempat makan yang memenuhi beberapa persyaratan seperti enak masakannya, viral, ramai warung makannya, memiliki akun media sosial, dan memang banyak diminati orang. Jika sudah memenuhi kriteria itu, barulah pemilik lapak akan diajak untuk menjadi tenan di acara FKS.

Jadi tunggu apalagi. Ayo segera ke acara Fesitval Kuliner Serpong ini

WA Sales Inhouse